PILIHSEHAT.wordpress.com

Enlighten Your Life by Only Sharing the Truth

M.S.G adalah Bom Waktu!

Posted by Ir. Adhi Hartono on 7 September 2009

MSG (MonoSodium Glutamate) atau biasa disebut micin atau vetsin adalah penyedap rasa sintetis yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa masakan sejak tahun 1940. Banyak kontroversi mengenai efek penggunaannya bagi kesehatan; apakah MSG yang kini beredar bebas itu AMAN bagi KESEHATAN? Berikut adalah jawaban obyektif yang sebenarnya. Memang amat disayangkan selama ini belum ada pihak (individu maupun institusi) yang mengangkat masalah ini dan bersuara keras mengingatkan masyarakat/konsumen akan potensi bahaya MSG terhadap kesehatan. Barangkali industri MSG adalah permasalahan yang kompleks dampaknya secara politik dan ekonomi. Namun, siapa yang akan membela kepentingan masyarakat konsumen?

Yang menjadi sorotan sebenarnya adalah DOSIS nya yang sudah sangat melebihi batas. MegaDosis yangdigunakan sebagian besar masyarakat inilah yang mencetuskan penyakit hipertensi, serangan jantung, stroke, sakit kepala, gangguan ginjal, dan kanker! Ya, gangguan kesehatan tersebut suatu saat tiba-tiba saja muncul dan meledak layaknya bom waktu setelah 10 – 20 tahun terus-menerus mengkonsumsi MSG tanpa control.

Adalah fakta bahwa MSG telah lama beredar bebas dan hampir semua makanan baik yang dalam kemasan, di warung dan restoran, maupun yang Anda masak sendiri di rumah menggunkan MSG. Semua merek yang ada pasar adalah 100% MSG, dan celakanya tak satu merek pun yang mencantumkan petunjuk takaran/dosis yang aman dikonsumsi! (memang disengaja?!). Sehingga konsumen semaunya sendiri menerapkan takarannya, tak perlu diukur-ukur segala, dan kecenderungannya ialah berlebihan. Inilah yang berbahaya! Mengapa? Karena MSG itu mengandung natrium/sodium (garam); jika terlalu banyak termakan bisa menyebabkan HIPERTENSI (tekanan darah tinggi). Selain itu jika dipanaskan, MSG akan pecah menjadi dua zat baru yakni Glutamic Pyrolised-1 (Glu-P-1) dan Glu-P-2. Kedua zat ini bersifat mutagenik (menyebabkan kelainan genetik) dan karsinogenik (menyebabkan kanker)!

Di Indonesia, sumber utama natrium/sodium tidak hanya dari garam dapur, tapi juga ikan asin dan yang lebih potensial lagi adalah MSG atau micin atau vetsin. Memang natrium (garam) itu diperlukan oleh tubuh, tapi dengan takaran yang tertentu, tidak boleh over dosis.

Kadar natrium/sodium dalam 1 gram dapur setara dengan natrium/sodium yang terkandung dalam 3 gram (1 sendok teh) MSG. Padahal 1 gram garam dapur membuat 1 mangkok sop atau mie menjadi ASIN; sebaliknya, 3 (tiga) gram MSG tidak menjadikam tersa asin, malah terasa lezat dan gurih! Sehingga secara tidak sadar Anda bisa bisa KERACUNAN Natrium/sodium karena kebablasan menambahkan MSG / micin!

Dahulu, sebelum tahun 1960-an hanya kalangan etnis tertentu yang menggunakan MSG dan takarannya hanya 1 – 2 korek kuping (setara dengan 30 – 60 miligram).

Anda barangkali masih kurang memercayai pengetahuan atau data tentang MSG ini. Kebanyakan orang pun demikian sikapnya. Tapi, ayolah kita lihat fakta yang merebak tahun-tahun terakhir ini. Karena alasan sulit untuk menghindari makanan yang takaran MSG-nya sesuai aturan, apalagi yang non-MSG, di tengah-tengah beredarnya makanan yang takaran MSG-nya cenderung ngawur (seenaknya sendiri), maka sadar tak sadar Anda mungkin masih menggonsumsi MSG bebas.

Faktanya, semakin banyak prevelansi penderita penyakit seperti, stroke, jantungan, tekanan darah tinggi, kanker yang kemungkinan besar adalah dampak dari konsumsi berlebihan MSG (yang menjadi racun bagi tubuh).

Tidak perlu menunggu usia lanjut, para orang muda pun makin banyak yang terkena stroke dan penyakit lain tersebut. Seringkali timbulnya penyakit tidak dalam waktu yang pendek, namun perlu waktu bertahun-tahun (setelah amaps racun itu terakumulasi dalam tubuh dalam jumlah yang banyak) hingga akhirnya… Boomm !! tiba-tiba terserang stroke atau pingsan karena jantungan; seperti bom waktu yang tahu-tahu meledak!

Saya sendiri sudah beberapa kali melihat sendiri kejadian semacam ini, termasuk ketika adik ipar saya sendiri (yang masih berusia 35 tahun) tiba-tiba tak berdaya terkena stroke setahun yang lalu; sampai sekarang belum bisa pulih dan tidak bisa bekerha lagi. Mengerikan bukan?

Informasi ilmiah yang menarik dan lebih terinci tentang seluk-beluk MSG dapat Anda baca di Blog PilihSehat.tk sekarang juga.

Anda pun dapat menyimak beberapa artikel penting terkait MSG di Blog BlogofHealth.co.cc dan juga 1001HealthSecret.com yang saya yakin akan membuka cakrawala baru Anda tentang racun yang dilegalkan ini.

Semoga bermanfaat bagi hidup Anda dan keluarga.


Digg!

Delicious Bookmark this on Delicious

Advertisements

3 Responses to “M.S.G adalah Bom Waktu!”

  1. […] Lalu mengapa orang menghebohkan zat ini? Katanya nggak boleh, berbahaya, dan sebagainya.  Ya karena menurut penelitian terbaru menyebutkan bahwa pemakaian MSG dapat menyebabkan berbagai penyakit didalam tubuh.  Karena zat dalam MSG ini dapat mengikat senyawa didalam darah kita bila penggunaannya berlebihan…untuk lebih lengkapnya klik M.S.G adalah Bom Waktu! […]

  2. Palui said

    saya tetap yakin…MSG itu berbahaya…apa lagi dikonsumsi dengan berlebihan…saya lebih cendrung memilih …tanpa menggunakan MSG pada setiap hidangan rumah..jadi lebih amaann

    • Adhi said

      Comment yang bagus…itu artinya Anda juru masak yang PD: tantangan bikin racikan bumbu alami tanpa MSG. Jangan sedikitpun terpengaruh pada tilisan ataupun seminar macam-macam oleh orang pintar/pakar maupun para praktisi kesehatan/dokter yang katanya MSG itu aman bahkan BERMANFAAT bagi kesehatan ??!! Yang beginian ini sudah pasti disponsori oleh industri MSG. Jangan mau dibodohin ah…Thanks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: